Workshop Nasional Kedua Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen Islam dan Akuntansi Syariah

Agenda setahun Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI) setelah dibentuk bersamaan dengan acara Workshop Nasional Pertama 7-8 Mei 2010 di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya adalah melaksanakan  Silaturrahim Nasional Pertama Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam  dan sekaligus mengadakan Workshop Nasional Kedua  Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen Islam dan Akuntansi Syariah. Sebagai tuan rumah dan pelaksana kegiatan tahun 2011 adalah Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Workshop Nasional Kedua Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen dan Bisnis Islami, dan Akuntansi Syariah

Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat

berkerjasama dengan

Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI)

menyelenggarakan:

WORKSHOP NASIONAL KEDUA KURIKULUM EKONOMI ISLAM, MANAJEMEN DAN BISNIS ISLAMI, DAN AKUNTANSI SYARIAH, dan

SILATURRAHIM NASIONAL PERTAMA FORUM DOSEN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Selasa 29 November 2011 di Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat

Narasumber:

Prof. Dr. Suroso Imam Djazuli

Dr. M. Syafi’i Antonio

Prof. Dr. Iwan Triyuwono

Pendaftaran dan informasi lebih lengkap di www.feunlam.com  


Silaturrahim Nasional merupakan agenda yang sangat penting bagi anggota Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI) untuk saling bertukar pikiran, menjalin kerjasama baik individual maupun kelembagaan yang bertujuan untuk kebersamaan dan penegasan peran sebagai pendidik untuk berkomitmen menebarkan nilai-nilai Islam di bidang ekonomi.
Agenda pentingnya, pertama menyusun program kerja yang lebih terstruktur dan terlembagakan berkenaan dengan FORDEBI. Salah satunya adalah program bersama untuk mengembangkan buku-buku daras dan riset-riset bersama di bidang Ekonomi Islam, Manajemen Islam dan Akuntansi Syariah.

Kedua, peran Internalisasi, berkenaan peran FORDEBI untuk melakukan diseminasi dan aktualisasi akademisi maupun Perguruan Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai alternatif maupun menjadi bagian utama keilmuan Ekonomi. Bentuk acaranya yaitu Workshop Kurikulum Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Syariah.
Workshop Kurikulum kemudian menjadi penting untuk diagendakan, sehingga proses diseminasi dan aktualisasi ekonomi, manajemen dan akuntansi Syariah  dalam bentuk kurikulum pendidikan yang memenuhi standar dan memiliki kualifikasi nasional bisa segera terbentuk. Harapan ke depan, dengan terbentuknya kurikulum di seluruh Indonesia, maka proses pembelajaran segera terwujud dan menelurkan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang nantinya dapat mengisi kebutuhan praktis ekonomi Islam yang mencapai 42.000 orang, baik di perbankan syariah, takaful, pegadaian, dan berbagai lembaga keuangan lain, serta aktivitas ekonomi syariah lainnya.

Ketiga, dalam rangka melibatkan lebih banyak lagi pihak-pihak yang terkait dengan pengembangan ekonomi Islam dan mengikuti perkembangannya sampai dengan tingkat internasional, maka diselenggarakan kegiatan International Sustainability Forum on Islamic Economics and Businessyang mengangkat tema “Sustainability Perspective on Islamic Economics and Business“. Kegiatan ini akan mengundang pakar ekonomi Islam nasional dan internasional untuk berbicara tentang perkembangan mutakhir ekonom Islam sesuai tema kegiatan. Secara khusus juga akan mengundang para dosen dan peneliti dari seluruh perguruan tinggi Indonesia dan luar negeri dalam call for paper untuk menyampaikan hasil-hasil penelitiannya atau kajian konsep tentang ekonomi Islam, manajemen dan bisnis Islam, dan akuntansi syariah.

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *