Wapres: Krisis Ekonomi Mengajarkan untuk Menggunakan Sistem Ekonomi Islam

EKONOMI : Ekonomi Islam

oleh Hidayatullah Muttaqin


Foto: Setwapres

Foto: Setwapres

Dalam pembukaan diskusi bertema Young Leader Forum dan Business Women Forum sebagai bagian acara World Islam Economic Forum di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Minggu (1/3/2009) Wakil Presiden Jusuf Kalla mengkritik ekonomi dunia yang lebih mengedepankan ekonomi non riil.

Wapres mengatakan: “Krisis terakhir telah mengajarkan ke kita untuk menggunakan sistem ekonomi Islam. Karena sistem ekonomi Islam yang pakai sistem real transaction, ternyata lebih bisa bertahan menghadapi krisis…. Hal ini bisa dilihat dari negara-negara yang menggunakan sistem ini terbukti tidak begitu terpengaruh. Beda dengan negara-negara Eropa yang menggunakan unreal transaction.” .

Menurut Wapres, sistem ekonomi Islam lebih mampu bertahan di tengah krisis global dibandingkan sistem Barat (Kapitalisme). Hal ini disebabkan sistem ekonomi Islam berbasis real transaction sedangkan Barat unreal transction.

Pernyataan Wapres ini sangat tepat dan menarik di tengah stagnasi pemikiran dan kebijakan ekonomi yang hanya berkuatat pada Kapitalisme. Namun pernyataan ini hanya menjadi wacana saja atau sekedar lipe service jika tidak diimplementasikan dalam kebijakan negara dengan meninggalkan Kapitalisme baik sebagai sistem ekonomi maupun sebagai sebuah ideologi. Juga tidak ada artinya jika yang dimaksud ekonomi Islam hanya sekedar modifikasi dari ekonomi Kapitalis. [JURNAL EKONOMI IDEOLOGIS / www.jurnal-ekonomi.org]

REFERENSI BERITA
Detikfinance.com (1/3/2009), JK: Krisis Buktikan Ketahanan Ekonomi Islam.

Author: Admin

Share This Post On

2 Comments

  1. Bukan cuman sistem ekonominya aja pak…

    Islam itu keseluruhannya keren dan bisa diterapkan…kalo Bapak gak percaya yokk kita coba terapkan institusi Khilafah

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *