Tidak Ada Negara yang Lolos Dari Krisis

EKONOMI: Krisis Global

Oleh Hidayatullah Muttaqin

Ilustrasi: blog.wired.com

Ilustrasi: blog.wired.com

Makin nampak saja kerusakan ekonomi dunia. Setelah berbagai laporan dan prediksi buruk tentang perekonomian dunia bermunculan baru-baru ini, kini giliran Micahel Camdessus, mantan Managing Director IMF menyatakan sikap “apatisnya” terhadap ekonomi dunia.

Michael Camdessus dalam forum ADB di Manila (9/3/2009) menyatakan krisis global menjadi yang pertama kali terjadi secara universal dan akan masuk ke dalam sejarah umat manusia. “Tidak ada negara yang lolos dari krisis ini” kata Camdessus.

Krisis global telah “memukul” semua negara di dunia sehingga tidak ada satu pun yang bisa melalui krisis ini dengan tenang. Kehancuran permanen institusi Kapitalisme di seluruh dunia tinggal menunggu proses saja.

Meskipun demikian, umat Islam di seluruh dunia tidak boleh berpangku-tangan menunggu jatuhnya Kapitalisme, apalagi menjadi bagian yang berusaha mempertahankan sistem sekuler ini.  Umat harus kembali kepada Islam dan memandangnya sebagai solusi untuk masalah dunia. Dan kita yakin, Islam akan kembali memimpin dunia jika umat berhasil mewujudkan institusi Khilafah. InsyaAllah. [JURNAL EKONOMI IDEOLOGIS / www.jurnal-ekonomi.org]

REFERENSI BERITA

Bloomberg (9/3/2009), Global Financial Assets Lost $50 Trillion Last Year, ADB Says .

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *