Stop Investasi Asing!

Stop Investasi Asing

Gambar: Okezone

Sebagaimana yang diberitakan situs kontan.co.id, Indonesia saat ini menjadi tempat tujuan investasi terbaik bagi para investor. Hampir 50% responden (405 pemimpin bisnis dan pelaku industri) yang disurvei memilih Indonesia sebagai tujuan investasi terbaik ASEAN, diikuti oleh Vietnam sebesar 46% yang menempati posisi kedua.

Hasil survei ini tentunya secara langsung menggugurkan dan mematahkan argumen Menko Perekonomian Hatta Radjasa yang mengatakan apabila harga BBM tidak naik, maka akan menyebabkan pembengkakan defisit dimana ujungnya akan berdampak negatif kepada tingkat investasi.

Mengapa investor asing dari dulu hingga sekarang begitu tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia? Eksistensi investor asing sesungguhnya tak lebih dari seperti yang digambarkan oleh peribahasa “ada gula ada semut”. Artinya, ketika sumber daya alam (gula) yang dimiliki Indonesia sudah habis maka ketika itu pulalah mereka akan pergi meninggalkan Indonesia. Tidak peduli betapapun bagusnya investment grade yang disematkan kepada Indonesia sebagaimana yang sering dirilis oleh lembaga-lembaga pemeringkat seperti halnya Moody’s.

Oleh karena itu, investasi asing harus distop. Terlebih lagi dalam perspektif politik ekonomi Islam investasi asing tidak boleh karena dapat menjadi jalan bagi orang kafir untuk menguasai ummat Islam. Dan sebaliknya, harus mandiri dengan modal sendiri untuk membangun  ekonomi. Investasi asing sebagai prasyarat kamakmuran ekonomi hanyalah mitos belaka.[Jurnal Ekonomi Ideologis/Hatta]

Referensi:

http://nasional.kontan.co.id/news/indonesia-tujuan-investasi-terbaik-di-asean/2012/04/12

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *