Sebanyak 2,7 Juta Penduduk Lansia Terlantar

Liputan6.com – 13/05/2008 18:28

Jakarta: Sebanyak 2,7 juta penduduk berusia lanjut (lansia) di Indonesia terlantar, tidak mendapatkan perawatan dari keluarga, masyarakat, maupun panti-panti pelayanan bagi penduduk lansia.

Direktur Jenderal Bina Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Departemen Sosial Makmur Sunusi di Jakarta, Selasa (13/5), menyebutkan jumlah penduduk berusia lebih dari 60 tahun tersebut merupakan 15,28 persen dari total penduduk lansia di Indonesia yang menurut estimasi mencapai 17,3 juta jiwa.

Sebagian dari penduduk lansia terlantar itu berusaha menyambung hidup dengan duduk di keramaian dan menengadahkan tangan, mengharap derma dari orang-orang yang lalu lalang di tempat pelayanan publik.

“Mereka adalah penduduk lansia yang benar-benar miskin, tidak produktif, dan tidak tercakup pelayanan panti, sangat tergantung pada bantuan orang lain. Mereka ini seharusnya menjadi tanggungan negara, mendapat jaminan sosial dari negara,” ujar Makmur.

Meski demikian, kata Makmur, sebagaimana negara berkembang yang lain, hingga kini pemerintah belum bisa sepenuhnya memberikan jaminan sosial bagi mereka.(YUS/ANTARA)

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *