Presiden Beli Pesawat Mewah, Rakyatnya Disuruh Berhemat

Apabila ada usaha yang sungguh-sungguh dan pantang menyerah yang tak patut untuk ditiru, maka salah satunya adalah kengototan Presiden SBY untuk membeli pesawat kepresidenan. Sampai-sampai untuk membatalkan pembelian pesawat tersebut rakyat harus menempuh jalur hukum (Mahkamah Konstitusi).

Dimanakah logika sehat dan hati nurani sang Presiden ketika puluhan juta lebih rakyat miskin dan disuruh berhemat dengan pengurangan atau pembatasan subsidi, ternyata para pejabat tinggi di negeri ini dan termasuk presidennya justru bersungguh-sungguh untuk menghamburkan uang negara. Bahkan sebagaimana yang di beritakan oleh situs mediaindonesia.com, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi menyampaikan bahwa pesawat kepresidenan sudah siap digunakan pada tahun 2013 tahun depan.

Memang, dari segi harga pesawat Kepresidenan tersebut dibandingkan dengan nilai keseluruhan APBN 2012 tidaklah mencapai 1 persennya. Mungkinkah dalam benak Presiden terlintas “Toh untuk rakyat juga sudah sangat banyak”.

Baiklah mari kita hitung seberapa bermakna dan pentingnya uang dari 1 buah pesawat tersebut bagi rakyat. Dengan uang sejumlah Rp. 535 miliar tersebut, apabila dikonversikan ke dalam beras, akan didapatkan berapa juta ton beras? Apabila beras Pandan Wangi seberat 5kg di Banjarmasin (Kal-Sel) seharga +- Rp. 100ribu (Rp. 20ribu/kg), maka akan kita dapatkan 26.750.000 ton lebih beras berkualitas untuk rakyat yang selama ini masih makan tiwul.

Jumlah penduduk Indonesia menurut BPS telah mencapai 230 juta jiwa orang dengan kebutuhan beras per tahunnya mencapai 3 juta ton per bulan. Dengan demikian, apabila harga 1 buah pesawat SBY setara dengan 26.750.000 ton, maka artinya 1 buah pesawat mampu menghidupi rakyat Indonesia selama +-9 bulan. Luar biasa bukan !!!

Pertanyaannya kemudian adalah, lebih penting yang manakah antara satu buah pesawat untuk seorang Presiden dan beras untuk 200 juta lebih rakyat selama 9 bulan menurut Anda???
[Jurnal Ekonomi Ideologis/Hatta]

REFERENSI:

Media Indonesia Online, Pesawat SBY Seharga Rp535 Miliar Mengangkasa 2013, Rabu, 25 Januari 2012.

Tempo Interaktif,MK Diminta Batalkan Anggaran Pembelian Pesawat SBY, Jum’at, 18 November 2011.

Detik Finance,  Bulog: Rakyat Indonesia Konsumsi Beras 3 Juta Ton/Bulan, Kamis, 23/12/2010.

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *