Presiden Baru Amerika di Bank Dunia

Gambar: Republika.co.id

Akhirnya, Presiden baru Bank Dunia terpilih juga setelah terjadi perdebatan yang cukup lama di kalangan politik dan ekonom perihal dari kalangan dan Negara manakah seharusnya yang melanjutkan kepemimpinan Bank Dunia. Mereka semua mempertanyakan keinginan AS untuk kambali mencalonkan jagoannya.

Sebagaimana yang dilansir situs vivanews.com Dr. Jim Yong Kim, rektor Dartmouth College dan ahli kesehatan masyarakat, resmi menggantikan pendahulunya Robert Zoellick. Kim mengalahkan salah satu kandidat terkuat Ngozi Okonjo-Iweala yang didukung negara berkembang. Terpilihnya Kim kembali menegaskan tradisi lama bahwa Amerika Serikat telah memiliki jatah memegang tahta “kepresidenan” Bank Dunia sejak Bank Dunia berdiri usai Perang Dunia II. Sementara itu, Eropa mendapat “jatah” posisi tertinggi di Dana Moneter Internasional atau IMF.

Fakta yang begitu terang benderang ini seharusnya menjadikan negeri-negeri Islam untuk tidak lagi rela dipimpin dan diarahkan Bank Dunia untuk membangun dan menggerakkan perekonomiannya. Tegasnya, Bank Dunia tak lebih dari mesin (alat) politik dan ekonomi AS untuk mengeruk keuntungan di Negara-negara berkembang. [Jurnal Ekonomi Ideologis/ Hatta]

Referensi:

Vivanews (17/4/2012), Jagoan AS Jadi Presiden Bank Dunia.

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *