Pemerintah Kecanduan Utang

Candu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna sesuatu yang menjadi kegemaran. Nah dalam konteks Utang, tampaknya Pemerintah telah gemar berutang. Celakanya, sumber utang tersebut paling banyak di pegang oleh pihak Asing.

Sebagaimana yang diberitakan oleh situs inilah.com, kepemilikian Asing di Surat Berharga Negara pada awal 2012 ini mencapai Rp. 235,85 triliun. Berada di urutan nomor 2 setelah kepemilikan Bank domestik yang mencapai Rp. 268,81 triliun.Padahal, pendapatan pemerintah terus meningkat. Kalau di tahun 2000 pendapatan pemerintah masih sekitar Rp. 200 triliun, maka di tahun 2012 ini meningkat menjadi 1.300 triliun lebih.

Mengapa pendapatan terus meningkat tetapi utang juga masih dalam jumlah besar dan cenderung mengalami kenaikan? Orang yang semakin sejahtera, tentu akan berupaya sekuat tenaga menajauhi utang. Tapi entah kenapa tidak pada Pemerintah Indonesia.

Menurut Anda, Apakah ini bertanda Pemerintah Indonesia serakah? Atau Memang ada masalah dengan Metode Pengelolaan Keuangan Negara ini?
[Jurnal Ekonomi Ideologis/Hatta]

REFERENSI:
Inilah.com, Kepemilikan Asing di SBN Capai Rp. 235,85 T, 4-2-2012.

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *