Konsumsi dan Kekayaan Perempuan di AS

sumber: womanofworth.com

sumber: womanofworth.com

Salah satu dampak dari Ideologi Kapitalisme yang paling ditakuti semua orang adalah menjadikan manusia tidak lagi sebagaimana sejatinya manusia.

Sebagai contoh, di zaman sekarang terdapat banyak manusia lebih peduli terhadap hewan peliharaan, sementara saudaranya sendiri yang manusia diacuhkannya.

Begitu pula ketika Allah Swt. telah menjadikan perempuan adalah berpasangan dengan laki-laki, tetapi ternyata di zaman yang katanya modern saat ini malah menjadikan perempuan berpasangan dengan perempuan (laki-laki berpasangan dengan laki-laki).

Selain itu, ternyata ideologi Kapitalisme juga telah “berhasil” menjadikan perempuan lebih mencintai materi. Sebagaimana yang dimuat oleh situs economywatch.com, daya beli kaum perempuan di AS mengalami pertumbuhan sangat tajam. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa indikator, diantaranya: Tidak kurang dari $US 7 triliun belanja konsumen dan bisnis dilakukan oleh kaum perempuan di AS per tahunnya. Berdasarkan persentase, maka sebanyak 85% dari semua pembelian konsumen di AS dibuat oleh perempuan. Juga 68% dari keputusan pembelian mobil baru dibuat oleh perempuan.

Bahkan lebih hebatnya lagi, dari segi kepemilikan kekayaan kaum perempuan di AS juga begitu besar. Dari total keseluruham kepemilikan saham yang ada di AS, 51% diantaranya dipegang dan dikontrol oleh kaum perempuan. 60% dari semua kekayaan personal di AS dipegang oleh kaum perempuan. 40% dari total perusahaan swasta AS dimiliki oleh perempuan. 1,3 juta perempuan di AS memiliki gaji tahunan lebih dari $US 100.000. dan perempuan senior berusia 50+ memiliki kekayaan bersih gabungan mencapai $US 19 trilliun.

Namun, pertanyaan mendasar adalah apakah semua itu mengangkat harkat, martabat, dan kemuliaan perempuan? Tentu tidak jawabnya. [Jurnal Ekonomi Ideologis/Hatta]

Referensi:

EconomyWhatch.com, Infographic: The Growing Buying Power of Women, 24/2/2012

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *