Kerusakan Sistem Barat Semakin Tidak Teratasi

EKONOMI : Krisis Global

Oleh Hidayatullah Muttaqin

krisis-wallstreetKejatuhan pasar saham dunia terus berlanjut kemarin (3/3/), mengikuti keanjlokan pada hari sebelumnya. Keadaan ini terjadi setelah the Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD memperingatkan bahwa resesi global akan lebih buruk dari perkiraan.

Indeks FTSE 100 London jatuh ke tingkat terendah selama 6 tahun terakhir. FSE 100 turun 67,44 poin atau 1,8% menjadi 3.558,39 poin. Sebelumnya FTSE 100 terjun 200 poin pada level terendah sejak Maret 2003. Di Asia, Indeks Hang Seng Hong Kong juga jatuh 2,3% sedangkan indeks Nikkei Jepang kehilangan 0,7%.

Kondisi pasar tidak tertolong dengan ramalan pesimis OECD kemaren (3/3/). “Resesi akan semakin dalam, tidak ada keraguan akan hal itu” kata Kepala Ahli Ekonomi OECD Klaus Schmidt-Hebbel. “Saya pikir pada kuartal ini akan menjadi kuartal paling buruk untuk semua” katanya.

Pada bulan Januari, IMF memotong proyeksi pertumbuhan global 2009 dari 2,2% menjadi 0,5%. OECD sekarang memiliki proyeksi baru yang cenderung menurun. OECD meramalkan resesi akan lebih dalam dari apa yang diperkirakan IMF pada Januari yang lalu. Pasar pun diperingatkan akan tetap bergejolak.

Sementara itu, Indeks Dow Jones New York sebelumnya juga telah mengalami pemotongan ke tingkat paling rendah sejak 12 tahun terakhir. Crash ini terjadi setelah raksasa asuransi AIG mengalami kerugian terbesar sepanjang sejarah Amerika.

Richar Turner mengatakan kecil sekali kemungkinan untuk dapat menghentikan keruntuhan Dow di kemudian hari.“6.500 adalah level tertinggi berikutnya” katanya. Menurut Richard, adalah sangat berani atau bodoh untuk mengangkat pasar yang sudah berada di bawah.

Kejatuhan demi kejatuhan yang dihadapi pasar dunia, di mana hampir tidak ada kemampuan bagi sistem Barat untuk menahannya. Paket-paket stimulus pun hanya mampu memberi reaksi positif sebentar, setelah itu jatuh lagi dan jatuh lagi. [JURNAL EKONOMI IDEOLOGIS / www.jurnal-ekonomi.org]

REFERENSI

Guardian (3/3/2009), Recession warning pushes markets down further.

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *