Jerman Alami Defisit dan Pertumbuhan Terburuk Paska Perang

EKONOMI: Jerman
Map: mapsofworld.com

Map: mapsofworld.com

Oleh Hidayatullah Muttaqin

Ekonomi Jerman mengalami kontraksi 3,8% pada tiga bulan pertama tahun ini. Penciutan ekonomi Jerman merupakan yang terburuk di antara negara-negara utama Eropa lainnya.

Resesi tahun ini adalah yang paling buruk pasca sejarah perang Jerman. Kontraksi 3,8% juga paling besar sejak tahun 1970.

Kantor Statistik Jerman melaporkan penciutan pertumbuhan ekonomi Jerman di kuartal pertama disebabkan penurunan ekspor dan investasi Jerman.

Menurunnya performa ekonomi Jerman telah mendorong penurunan performa 16 negara dalam zona Eropa. Sementara itu, PDB Eropa diperkirakan akan mengalami penurunan paling sedikit 2% pada kuartal pertama setelah anjlok 1,6% pada periode sebelumnya.

Sehari sebelumnya Menteri Keuangan Jerman Per Steinbruk menyampaikan tahun ini Jerman mengalami defisit terburuk paska perang. Krisis ekonomi telah memotong penerimaan pajak pemerintah Jerman yang menyebabkan defisit menjadi tidak tertahan.

Steinbruk menyatakan defisit anggaran pemerintah federal akan melebihi angka 50 miliar Euro tahun ini dan meningkat menjadi 90 miliar Euro pada tahun 2010.

Defisit ini dua kali lipat melebihi defisit tahun 1996 yang pada saat ini Jerman sedang melakukan penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur. Ironis lagi, defisit pada tahun lalu hanya mencapai 11,9 miliar Euro.

Kondisi terkini yang dihadapi Jerman dan negara-negara Eropa lainnya menggambarkan bahwa dunia belum dapat keluar krisis. Dengan ini Kapitalisme menyeret negara-negara besar ke putara krisis yang berulang-ulang. {Jurnal Ekonomi Ideologis / www.jurnal-ekonomi.org]

REFERENSI BERITA

Financial Times (15/5/2009), German Economy Shrinks 3,8%

Financial Times (14/5/2009), Germany Set to Suffer Record Deficit.

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *