Harga BBM Naik, Demi siapa?

Sumber gambar: Tribun-Timur.com

Sebagaimana yang diberitakan situs Inilah.com pemerintah sudah dapat dipastikan akan mengambil opsi kenaikan harga BBM di awal bulan april ini. Presiden SBY menyebutkan alasan dari kenaikan adalah demi masa depan perekonomian. Hanya saja sayang SBY tidak menyebutkan lebih detail lagi demi masa depan perekonomian siapa? Perekonomian Asing atau rakyat Indonesia?

Harga BBM sesungguhnya hanya berkaitan dengan dua nasib kelompok, yaitu asing dan rakyat Indonesia. Kenapa demikian? Karena di sektor hilir atau penjualan eceran dari minyak dan gas di Indonesia Asing juga telah ikut bermain. Dengan harga BBM bersubsidi yang semakin mendekati harga jual jenis BBM yang mereka jual, tentunya mereka akan kebanjiran pelanggan. Terlebih lagi kebijakan menaikkan harga ini juga disertai pembatasan maka keuntungan lebih besarpun akan mereka keruk. Adapun terkait dengan rakyat Indonesia karena rakyatlah yang menjadi pengguna utama dari keberadaan BBM.

Kembali kepada pertanyaan pertama di atas, demi masa depan siapa? Dengan logika sederhana kita akan menjawab masa depan asing. Betapa tidak, mana mungkin rakyat menginginkan kenaikan harga dari sesuatu yang sangat mereka butuhkan. Bukankah kondisi mereka (rakyat Indonesia) dalam kondisi yang sudah sangat begitu menderita. Sebaliknya pihak asing justru akan sangat senang dengan kenaikan harga tersebut.

Meskipun akan memberatkan rakyat, bukankah pemerintah juga bakal memberikan BLT? Ingat, BLT diberikan dalam jumlah dan tempo yang terbatas. Padahal kenaikan harga barang akibat naiknya harga BBM tidak ada batasnya. Tiap tahun bahkan tiap bulan harga kebutuhan hidup terus naik tanpa batas, kecuali rakyat sudah tidak mau atau bisa membeli lagi (MATI). Kalau pembelinya sudah berkurang bisa dipastikan harga akan turun sesuai dengan hukum supply dan demand. Masalahnya, apa iya rakyat dibiarkan mati? [Jurnal Ekonomi Ideologis/Hatta]

Referensi:

Inilah.com, SBY: Harga BBM Terpaksa Dinaikkan Demi Masa Depan, 23 Februari 2012

Author: Admin

Share This Post On

1 Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *