Demi Investasi, 1800 Perda Dihapus

Oleh M. Hatta

Mengambil kesempatan di balik kesempitan. Itulah kiranya ucapan pepatah yang tepat untuk menggambarkan upaya neoliberalisme untuk semakin menancapkan taringnya di negeri ini. Betapa tidak, ditengah kemelut markus, pemerintah ternyata menghapus peraturan daerah yang dianggap menghambat masuknya investasi. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya terdapat 1800 perda yang dihapus.

Mengapa perda dihapus bermakna neoliberlisme semakin menjadi? Apabila kita kembali mengingat dari konsensus Washington, maka akan kita temukan jawabannya. Lima dari sepuluh poin konsensus Washington adalah liberalisasi perdagangan, privatisasi, deregulasi, disiplin fiskal, dan reformasi pajak.

Padahal penulis buku Membongkar Mitos Neolib, Chang dan Grabel, mengatakan secara tegas bahwa, deregulasi yang digembor-gemborkan oleh negara-negara maju tidak lain adalah bualan dan jebakan yang dipasang bagi negara-negara yang menjadi target jajahannya.

Lantas mengapa pemerintahan negeri ini masih saja menjalankan deregulasi? Jawabnya tidak lain adalah karena para pejabat pemerintahan yang ada merupakan bagian dari para Kapitalis Global itu sendiri.

REFERENSI BERITA

http://www.analisadaily.com, 1.800 Perda Dihapus karena Hambat Investasi

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *