Bunga Deposito Perbankan Memang Tidak Rasional!!!

Sumber gambar: Koran-Jakarta.com

Gubernur BI Darmin Nasution mengeluhkan perihal tingginya tingkat suku bunga deposito perbankan di Indonesia di bandingkan dengan Negara-negara tetangga. Sebelumnya, Darmin Nasution juga mengeluhkan masih tingginya suku bunga pinjaman perbankan yang berakibat negatif kepada kinerja sektor riil.

Bapak Gubernur BI yang kami hormati, bukankah konsep bunga perbankan itu sendiri tidak rasional. Jadi, di tingkat berapa pun suku bunga yang diterapkan (rendah atau tinggi) tetaplah tidak rasional dan bahkan membuat manusia yang memakannya (riba) seperti kerasukan setan sebagaimana di gambarkan Al Qur’an.

Ingat, konsep bunga hanya akan mengakibatkan secara tidak langsung terciptanya uang tanpa terkait dengan sektor riil yang ujung-ujungnya hanya akan mengerek tingkat suku bunga acuan SBI. Akhirnya, tingkat inflasi meledak.

Dan Ingat pula, Samuelson yang notabenenya adalah guru dari banyak para ekonom telah mengatakan (dalam bukunya Makro Ekonomi), hingga sekarang belum ditemukan obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit inflasi. Dan bahkan obat tersebut justru mengakibatkan penyakit inflasi bertambah parah.

Karena itu, mari kita bersegera meninggalkan sistem ekonomi Kapitalisme yang sudah terbukti ambruk dan rusak sebagaimana tampak dalam wujud krisis yang terus berulang. Mau nunggu apa lagi? Apakah menunggu krisis ekonomi dunia yang lebih parah lagi? [Jurnal Ekonomi Ideologis/Hatta]

Referensi:

Inilah.com, BI: Bunga Deposito Perbankan Tidak Rasional, 23 Februari 2012

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *