Benarkah Menteri ESDM Menginginkan Tegaknya Kedaulatan Energi?

Oleh Hidayatullah Muttaqin

Pada awal tahun ini (8/1), Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh menyatakan anak bangsa harus menguasai bidang energi agar Indonesia mempunyai kedaulatan energi masa mendatang dan tidak tergantung pada negara lain. Darwin menyampaikan hal itu kepada siswa dan orang tua murid SMA Labschool Kebayoran dalam sebuah seminar di sekolah tersebut.

Darwin juga menyampaikan bidang transportasi dan telekomunikasi juga harus dikuasai karena sangat erat kaitannya dengan kemajuan bangsa. Darwin menekankan, ketiga bidang ini menentukan kedaulatan negara.

Pandangan Menteri ESDM sangat tepat. Hanya saja benarkah yang disampaikannya sesuai dengan apa yang diinginkan dan yang dilakukannya sebagai menteri ESDM? Kenyataannya justru sebaliknya. Berita terakhir yang kita terima kemarin (7/4) justru memaparkan langkah menteri yang akan meningkatkan kadar liberalisme dalam UU Minerba. Akibatnya kedaulatan energi Indonesia akan semakin runtuh.

UU Minerba yang sudah sangat liberal dan melenyapkan kedaulatan energi Indonesia oleh sang Menteri akan diusulkan revisinya untuk mengakomodasi kepentingan investor pertambangan khususnya investor luar negeri. Tujuannya tidak lain agar para investor dapat lebih banyak dan lebih lama meraup kekayaan tambang dan sumber daya energi Indonesia.

Pejabat menteri ini tidak ada bedanya dengan presiden yang sering menyampaikan sesuatu yang baik-baik tetapi faktanya berkebalikan dengan kebijakannya sendiri. Menjadi pejabat negara kewajibannya hanya satu yakni mengatur dan melayani urusan rakyat bukannya “mendustai” dan menzalimi.

Tidak bisa direalisasikannya kewajiban ini karena paradigma pemerintahan kita adalah paradigma liberal-sekuler-kapitalistik dan kuatnya cengkraman penjajahan di negeri kita. Menerapkan paradigma Islam dan syariah Islam dalam sistem pemerintahan merupakan solusi agar fungsi negara sebagai pengatur dan pelayan urusan rakyat bisa ditegakkan. [JURNAL EKONOMI IDEOLOGIS /www.jurnal-ekonomi.org]

REFERENSI BERITA

Situs resmi Menteri Negara Sumber Daya Energi dan Mineral (8/1/2010), Anak Bangsa Harus Kuasai Bidang Energi.

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *