Antara Garam dan Kiat Esemka

Rencana kembali dibukanya kran impor garam oleh pemerintah sesungguhnya bukan perihal yang bisa dianggap sepele. Betapa tidak, di tengah optimisme bahwa Indonesia mampu membuat dan memproduksi mobil nasional ternyata justru dimentahkan oleh impor garam.

Sumber gambar: Investor Daily

Sumber gambar: Investor Daily

Padahal kita semua tentu paham, bahwa memproduksi garam jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan memproduksi sebuah mobil. Sudah barang tentu juga kita tidak dalam posisi meragukan kemampuan dari putra dan putri bangsa Indonesia dalam berkarya. Karena Indonesia sejatinya adalah bangsa yang memiliki berjuta-juta keunggulan, jangankan mobil nasional atau sekedar bumbu dapur yang bernama garam, menjadi sebuah bangsa yang paling maju dan terdepan pun juga sangatlah mampu. Mengapa? Selain dikarenakan memiliki kekayaan alam yang tiada duanya, Indonesia juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang begitu luar biasa kuat dan cerdasnya.

Kuat dan cerdas karena Indonesia memiliki pengalaman dalam menghadapi penjajahan yang lamanya ratusan tahun dan kemudian berhasil mengusirnya. Meskipun memang, Indonesia masih belum mampu mengusir bentuk-bentuk peninggalan penjajah yang berwujud pemikiran seperti halnya demokrasi.

Kalau bukan karena SDA dan SDMnya, lantas mengapa kebutuhan terhadap produk yang sederhana (seperti halnya garam) saja Indonesia tidak mampu mencukupi dengan produksi sendiri? Bukankah Indonesia memiliki lautan yang terbentang begitu luas?

Dititik inilah pentingnya kembali merenungkan perangkat lunak (software) yang digunakan dalam pengelolaan bangsa ini. Apakah sudah sesuai dengan spesifikasi hardware yang terpasang atau belum?

Satu hal yang perlu diingat dalam menjawab pertanyaan tersebut, secara defacto kita semua telah mengakui bahwa bangsa ini merdeka atas berkat rahmat Allah SWT. [Jurnal Ekonomi Ideologis/Hatta]

REFERENSI:
Bisnis.com, GARAM IMPOR: Asosiasi Petani Garam Bisa Maklum Karena Stok Berkurang , 17 Februari 2012

Author: Admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *