ADB: Asia Memimpin Pemulihan Ekonomi Dunia

Oleh Hidayatullah Muttaqin

Dalam rilis berita ADB yang diterima Jurnal Ekonomi Ideologis kemarin (22/9), ADB memprediksi Asia akan memimpin pemulihan ekonomi global. Hal ini tertuang dalam update Asian Development Outlook (ADO) 2009.

Kepala ahli ekonomi ADB, Jong-Wha Lee menyatakan ketahanan ekonomi Asia akan memimpin pemulihan ekonomi global di tengah situasi perekonomian dunia yang masih krisis.

Dalam Asian Development Outlook 2009, perekonomian Asia diprediksi tumbuh 3,9% dari perkiraan semula 3,4% pada saat ADO diril bulan Maret lalu. Untuk tahun 2010, ADB juga meningkatkan proyeksi pertumbuhan Asia dari 6% menjadi 6,4%.

Asia Selatan dan Asia Timur memimpin laju pertumbuhan di Asia. Menurut ADB kedua kawasan tersebut tumbuh 5,6% dan 4,4% pada tahun ini dari perkiraan semula 4,8% dan 3,6%. India dan China tetap menjadi pionir penggerak pertumbuhan di kawasan ini, yakni 6% dan 8,2%.

Sementara itu, proyeksi pertumbuhan Asia Tenggara diturunkan dari 0,7% menjadi 0,1%. Hal ini didorong oleh penurunan perekonomian Malaysia dan Thailand.

Sedangkan proyeksi pertumbuhan Asia Tengah anjlok dari 3,9% menjadi 0,5%. Hal ini disebabkan jatuhnya harga-harga komoditas primer yang menjadi andalan ekspor negara-negara Asia Tengah.

Terhadap semakin positifnya perekonomian Asia terkini, Jong-Wha Lee memperingatkan agar negara-negara Asia jangan berpuas diri dengan kondisi ekonomi yang mereka capai.

Memang jika ditinjau dari besaran angka makro ekonomi semata, negara-negara Asia di barisan terdepan jauh meninggalkan negara-negara Barat. Tapi harus kita pahami perekonomian yang tumbuh, secara internal belum tentu dapat memecahkan permasalahan ekonomi negara yang bersangkutan. Bahkan seringkali pertumbuhan menghasilkan berbagai problem.

Memimpin pemulihan ekonomi global tidak berarti Asia memimpin ekonomi dunia. Ketergantungan Asia terhadap kawasan lain khususnya Amerika masih cukup tinggi. Asia tetap menjadi subordinasi ekonomi Barat selama kawasan ini masih menjadi bagian dari Kapitalisme Global. (Jurnal Ekonomi Ideologis / www.jurnal-ekonomi.org)

Author: Admin

Share This Post On

1 Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *